Ageman-Ria-Miranda-Samasta-Magazine-02

RIAMIRANDA – Private Preview Collection 2018

Spread the love
  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Samasta Magazine. Perancang busana muslim kenamaan Indonesia, Ria Miranda kembali berkarya dengan mempersembahkan riamiranda Private Preview Collection di Pendopo Royal Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, Sabtu, 1 September 2018. Acara ini dikemas berbeda dengan menampilkan koleksi busana Fall Winter yang terinspirasi dari budaya bangsa Indonesia, diberi nama AKSARA dari Aksara Jawa atau lebih dikenal Hanacaraka.

Koleksi yang sarat akan makna ajaran budi pekerti dan nilai filosofis kehidupan ini hadir melalui 12 pilihan busana dengan pattern khas tradisional Jawa dibalut warna khas fall winter yang lebih gelap dan bernuansa unsur tanah, namun yang tetap mampu menunjukkan kesan lembut seorang wanita.

Koleksi yang sarat akan makna ajaran budi pekerti dan nilai filosofis kehidupan ini hadir melalui 12 pilihan busana dengan pattern khas tradisional Jawa.

AKSARA sebagai simbol alat komunikasi antarmanusia, dimana hal tersebut menjadi media paling penting antar sesama manusia, agar kita bisa saling mengerti perbedaan satu sama lain. Hanacaraka bercerita tentang keterikatan manusia dengan sang pencipta. Manusia lahir tanpa membawa apa-apa dan akan meninggalkan dunia ini dalam kesederhanaan.

Saat lahir kita sebagai manusia dikaruniai potensi, yang seharusnya digunakan untuk kebaikan sebagai sebuah amanah yang harus dijaga dengan baik.

Ageman-Ria-Miranda-Samasta-Magazine-02

Setiap suku kata Bahasa jawa membentuk pola bersambung yang saling terkait. Menggambarkan bagaimana kehidupan manusia yang seharusnya saling berdampingan dalam kehidupan. Saling menjaga tutur bahasa dan pola perilaku antar sesama, agar menciptakan suasana damai dan aman bagi sesama.

“Hanacaraka memang jadi sumber inspirasiku untuk koleksi ini, karena Aksara Jawa mengisahkan tentang manusia yang lahir dengan potensi. Aku melihat komitmenku sejalan dengan nilai yang terkandung di dalamnya.

“Hanacaraka memang jadi sumber inspirasiku untuk koleksi ini, karena Aksara Jawa mengisahkan tentang manusia yang lahir dengan potensi.”

Harapanku, koleksi Aksara tidak hanya menjadi sekedar busana, tetapi sebagai pesan untuk kita menjadi lebih baik lagi, fokus pada potensi diri untuk kebaikan sesama manusia.” jelas Ria Miranda sebagai Creative Director brand riamiranda.

Aksara Jawa yang menjadi inspirasi utama dari koleksi Ria Miranda identik tentang budaya jawa, sehingga koleksi kali ini tidak terlepas dari detail-detail khas Budaya Jawa seperti pola Batik dengan ornamen khas Jawa. Pola monogram khas Riamiranda dipadu padankan dengan ornament yang merepresentasikan kebudayaan Jawa sepeti gunungan wayang dan tulisan aksara jawa.

Ageman-Ria-Miranda-Samasta-Magazine-01

“Dari awal konsep Aksara ini memang sudah terbayangkan akan dilaunching di Jogjakarta, didalam sebuah pendopo bergaya keraton, dengan nuansa budaya Jawa mulai dari dekorasi, musik gamelan hingga bahasa yang digunakan MC ketika acara launching dengan bahasa Jawa. Pokoknya Jawa banget deh. Alhamdulillah, tahun ini sudah terlaksana juga di kota Semarang dan Pekanbaru.

Di setiap kota, konsep acaranya selalu berbeda disesuaikan dengan tradisi dan cerita koleksi yang akan ditampilkan” cerita Ria dengan penuh semangat.

“Dari awal konsep Aksara ini memang sudah terbayangkan akan dilaunching di Jogjakarta, didalam sebuah pendopo bergaya keraton, dengan nuansa budaya Jawa mulai dari dekorasi, musik gamelan hingga bahasa yang digunakan.”

Private Preview Collection Yogyakarta  tak hanya dihadiri oleh customer Ria Miranda yang berasal dari Yogyakarta dan sekitarnya, namun juga Dewi Sandra selaku brand ambassador Wardah. Acara juga dihadiri oleh social media influencer dan media setempat. Busana – busana dari koleksi Aksara akan rilis  serentak diseluruh cabang riamiranda dan online store mulai tanggal 22 September 2018.

Teks: Della Yuanita; Foto: Budi Prast


Spread the love
  • 7
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *