Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-03

SINGULARITY by IFC

Spread the love
  • 21
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Samasta Magazine. Fashion adalah bahasa universal dan pemersatu yang bias menyatukan sebuah ide kreatif serta menyatukan berbagai aspek di  industri kreatif.

IFC merupakan organisasi fashion designer yang memberi dukungan terhadap perkembangan industri fashion di Indonesia dan member support terhadap pemerintah dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-06

IFC bekerjasama dengan Badan Eknomi Kreatif (BEKRAF) membuat suatu acuan trend ke depan yang digelar setiap tahunnya. Tahun ini IFC membuat acuan trend, khususnya di bidang fashion dan juga di bidang lain seperti interior, IT, dan lain-lain. Pada tahun  ini tema besar  yang di- launching adalah Singularity.

Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-08

Harapan IFC, acuan trend tersebut bisa memberikan ilmu, wawasan, serta panduan bagaimana kita menyikapi trend yang ada di seluruh dunia yang bisa diaplikasikan di masing-masing pelaku industri fashion, khususnya para fashion designer.

Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-07

IFC Chapter Jogja pada pagelaran JIBB 2018 mencoba menerjemahkan batik yang sudah diolah dengan desain yang lebih modern dan kekinian, tanpa meninggalkan nilai-nilai asli batik itu sendiri. Desain ini juga mengacu ke tren fashion dunia yang diolah ke desain yang modern dan berselera global serta berdaya jual tinggi. Inilah rangkaian koleksi outfit bertema Trend Forecast 2019-2020 dari IFC :

EXUBERANT
Suatu sikap optimis dan antusias, merasa santai karena sudah menyentuh keseharian kehidupan, antusiasme energy yang dinamis, menyenangkan, kreatif, namun juga tetap menjaga keseimbangan, santai dan berkesan nerdy mempengaruhi mode st fashion, terutama pada styling, warna, dan penerapan motif garis.

Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-01

NEO MEDIEVAL
Ketakutan akan kemungkinan masa depan. Menimbulkan benteng pertahanan. Memicu romantisme dalam sejarah. Gaya khas pejuang, futuristik, pilgrimage, kuat, tegas, namun tetap elegan.

Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-02

SVARGA
Sisi kemanusiaan dari Al sebagai jembatan dari berbagai perbedaan tampilan yang ada untuk menjadi satu harmoni. Multikultrasi tabrak corak, etnik, dan kriya tercampur  di dalam satu koleksi dengan tetap memperhatikan keseimbangan satu dan yang lainnya.

Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-04

CORTEX
Paradoks kecerdasan buatan membantu dalam proses riset desain dan seringkali berujung pada inovasi material. Bentuk abstrak terstruktur, tidak terduga dan fleksibel dinamis baik dalam tekstur maupun siluetnya.

Jogja-International-Batik-Bienalle-Ageman-Samasta-Magazine-05

Teks: Della Yuanita; Foto: Farid Imawan, Sonny SBK


Spread the love
  • 21
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *