Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-08

Melihat Dunia di Dasar Laut Bunaken

Spread the love
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Menjejaki perjalanan wisata ke Kepulauan Bunaken memang menyenangkan. Inilah salah satu pulau eksotik di Indonesia yang wajib dikunjungi. Pulau Bunaken, yang berlokasi di Sulawesi Utara, dapat ditempuh dengan penerbangan langsung dari Jakarta selama kurang lebih 3 jam perjalanan. Dari pinggiran Kota Manado, kita bisa melihat langsung Pulau Bunaken yang berada tepat di sebelah Pulau Siladen. Pulau Bunaken memiliki taman laut nasional yang terkenal di dunia dengan luas area lebih dari 75.000 hektar, yang dibagi oleh 3 persen daratan dan 97 persen lautan, termasuk di dalamnya Taman Laut Bunaken.

Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-02

Keindahan Taman Laut Bunaken rupanya tidak main-main. Salah satu majalah travel di Inggris dalam artikel yang berjudul “World Top 10 Best Dives Destination” bahkan menobatkan Taman Laut Bunaken sebagai salah satu destinasi selam terbaik di dunia. Penghargaan tersebut tidak berlebihan karena Taman Laut Bunaken yang diresmikan pada tahun 1991 ini dikelilingi oleh lima pulau yang berada di dalamnya, yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, berikut beberapa anak pulaunya, dan Pulau Naen yang jumlah keseluruhan memiliki 29 titik selam (dive spot) yang sangat fantastis! Tak heran Taman Laut Bunaken sangat tersohor di kalangan diver internasional.

Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-02

Bunaken sangat identik dengan dan diving atau olahraga menyelam. Perairan di Bunaken sangatlah jernih, daya pandangnya bisa mencapai 45 meter baik vertikal maupun horisontal, ini bahkan lebih jernih ketimbang kolam renang dimanapun yang ada di dunia ini. Dengan perairan yang sejernih ini, para diver lebih merasa percaya diri karena dapat menikmati pemandangan sekitar dengan sangat jelas.

Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-02

Hal itulah yang membuat Bunaken sangat spesial. Sebagai pemilik keanekaragaman hayati terbanyak di dunia,  Taman Laut Bunaken memiliki bermacam-macam tumbuhan dan binatang yang diproteksi untuk kepentingan perikanan dan kelautan, dan pariwisata.

Terdapat lima puluh delapan jenis terumbu karang dan 2.000 spesies ikan di Taman Laut Bunaken. Di antaranya ikan Kuda Gusumi (Hippocampus), Oci Putih (Seriola rivoliana), Lolosi Ekor Kuning (Lutjanus kasmira), kerapu (Epinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), Ila Gasi (Scolopsis bilineatus), jenis moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), Kepala Kambing (Cassis cornuta), Nautilus berongga (Nautilus pompillius), dan masih banyak lagi. Di samping itu, banyak binatang laut langka yang dapat ditemukan di Bunaken, seperti coelacanths, dugong, ikan paus, lumba-lumba, dan penyu.

Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-02

Menyelam di Bunaken merupakan suatu perjalanan yang istimewa. Melihat pemandangan bawah laut memberikan pengalaman berkesan. Kita akan melihat dan merasakan bagaimana menyelam di lokasi landai yang kaya terumbu karang, jenis ikan seperti “ikan Nemo” (clown fish), school fish, dan rombongan ikan warna-warni yang lalu lalang. Setiap kedalaman memiliki pemandangan menakjubkan tersendiri. Bunaken seakan mengajak kita menyelami jurang laut tiada berdasar dengan pemandangan biota laut yang beranekaragam.

Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-06

Ada penyu raksasa yang konon berusia lebih dari 100 tahun, ikan pari, kakap, kerapu, barakuda, napoleon, angel fish, blow fish, blue ribbon eels, lobster, sampai hiu. Banyak sekali momen spektakuler yang sayang untuk dilewatkan. Ya, kegiatan menyelam semacam diving dan snorkeling memang tak boleh dilewatkan jika Anda berkunjung ke Bunaken.

Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-06

Panorama pantai pasir putih dan pemandangan bawah lautnya yang sangat indah seolah menjawab pernyataan penyelam senior asal Florida, Arthur Hamilton yang mengatakan jika kita belum melihat dunia, bila kita belum pernah melihat lautan.

Bunaken-Manado-Samasta-Magazine-01

Bunaken menjadi destinasi selam terbaik yang patut Anda coba. Jika Anda belum mahir menyelam, jangan kuatir karena banyak tempat latihan menyelam di sepanjang Bunaken. Beberapa resor yang menyatu dengan alam juga menawarkan pengalaman menginap yang membuat waktu liburan Anda takkan terlupakan.

Teks: Della Yuanita
Foto & Cerita Perjalanan: Widhi Bek/Landscape Indonesia (widhibek@gmail.cm/IG: @widhibek)


Spread the love
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *