Samasta-Magazine-Klangenan-06_Mangut-Lele-Bu-Is

10 Kuliner Istimewa di Yogyakarta

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Yogyakarta selain terkenal dengan Kota Pelajar dan Pariwisata juga terkenal akan Kulinernya. Sangking banyaknya kuliner di Jogja, mungkin teman,sahabat atau siapapun yang ingin berwisata atau sekadar singgah di Jogja masih bingung untuk memilih tempat-tempat kuliner yang layak dan pastinya terjamin kelezatanya. Setelah melakukan survey dan pastinya mencicipi berbagai macam kuliner yang ada di Jogja, berhubung saya bukan pencinta makanan pedas maka saya memilih 10 Kuliner terbaik dan legendaris yang saya sukai dan  bisa di jadikan pilihan. Berikut adalah ke 10 Tempat  Kuliner yang sebaiknya anda coba saat di Jogja dari yang ringan hingga yang lumayan agak berat mulai dari pagi hingga malam hari.

Samasta-Magazine-Klangenan-01_Soto-Kadipiro

1. Soto Kadipiro
Soto Kadipiro bisa menjadi pilihan anda untuk sekadar sarapan pagi atau makan siang. Berdiri sejak tahun 1921 oleh Widadi Tahur Karto Wijoyo, saat ini sudah memiliki banyak cabang di segala penjuru Yogyakarta. Buka dari jam 08.00 pagi, sepintas soto ini sama seperti soto ayam kebanyakan. Namun yang membedakan adalah rasa kuahnya karena resep yang di gunakan adalah resep rahasia yang hanya di miliki oleh warung tersebut. Berlokasi di jalan Wates No. 33 Yogyakarta, soto legendaris ini satu porsi harganya Rp.18.000.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-02_Sop-Bu-Gatot

2. Sop Bu Gatot
Sop Bu Gatot terletak di jalan Cendana No 30 Yogyakarta. Buka mulai pukul 08.00 wib, sop daging sapi ini sangat cocok untuk sarapan pagi ataupun makan siang. Dengan kuah yang gurih, sop ini tergolong sangat terjangkau harganya.  Karena satu porsi Sop, Teh panas dan satu tempe goreng di hargai Rp. 15.000. Jadi bagi anda yang ingin makan enak tapi harganya terjangkau, Sop Bu Gatot yang sudah buka sejak tahun 1980 an ini  bisa menjadi pilihan yang patut anda coba.

———————–

3. Kupat Tahu Pak Budi
Kupat Tahu Pak Budi, berada di sudut perempatan trafik ligt seberang Pabrik SGM tepatnya di Jl. Veteran No 27 Yogyakarta. Mulai buka pukul 09.00 wib warung ini sudah mulai berjualan sejak tahun1957 di saat pak Budi ber usia 20 tahunan. Dengan harga Rp.15.000 satu porsi kupat tahu dan satu gelas teh panas, warung yang bernuansa hijau ini tidak pernah pelanggan sepi setiap harinya karena harganya juga masih terjangkau bagi mahasiswa dan memiliki cita rasa yang khas.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-04_SGPC-Bu-Wiryo-1959

4. SGPC Bu Wiryo
SGPC Bu Wiryo 1959, adalah salah satu warung pecel legendaris yang sudah tidak asing lagi bagi mahasiswa UGM. Karena lokasi warung berada persis di selokan mataram kampus UGM, tepatnya di utara Fakultas Kedokteran Hewan UGM Jl. Argo CT VIII Klebengan Yogyakarta. SGPC yang berarti Sego Pecel ( nasi Pecel ) berdiri sejak tahun 1959, warung ini buka setiap hari mulai dari jam 07.30 – 20.30 wib. Untuk satu porsi Nasi Pecel dengan lauk satu telur ceplok dan minum segelas teh panas kita harus merogoh kocek Rp.25.000.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-05_Sambal-Belut-Pak-Sabar

5. Sambal Belut Pak Sabar
Sambal Belut Pak Sabar, beralamat di jalan Imogiri Barat km 6 dusun dokaran, tamanan Bantul Yogyakarta. Sambal Belut ini merupakan menu andalan di warung ini meski ada menu-menu lain seperti ikan gabus dan wader yang juga sangat layak untuk di nikmati. Untuk menikmati belut goreng minimal harus membeli 3 ons belut yang 1 kilo gramnya seharga Rp.140.000. Untuk sambal belutnya sendiri satu porsi adalah Rp.14.000. Buka mulai dari jam 08.00 wib warung ini mulai berjualan sejak awal tahun 1990 an.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-06_Mangut-Lele-Bu-Is

6. Mangut Lele Bu Is
Mangut Lele Bu Is, menawarkan menu makan siang yang berbeda dibandingkan dengan warung makan lainnya. Selain nasi ada delapan jenis menu yang di sajikan dalam piring terpisah di  setiap tamu makan  yang di warung tersebut. Terdapat dua jenis sambal yang terpisah  sambal trasi dan sambal kelapa, selain itu juga terdapat satu piring potongan cabai goreng. Bagi pencinta sayuran, mungkin satu piring sayur daun papaya di tambah dengan daun pohon pace dan kemangi bisa menambah sensasi yang berbeda. Jika masih kurang, satu piring kecambah dan potongan timun bisa di jadikan lalapan yang begitu istimewa. Dengan menu lauk dua ikan mangut lele kita hanya mengeluarkan biaya sebesar Rp.30.000. Selain perut yang kenyang menu makanan ini sungguh sangat menyehatkan, terbukti warung yang berlokasi di Jl. Imogiri Barat KM 12 Jetis Sumberagung Bantul Yogyakarta  sudah berjualan sejak tahun 1970 an ini tidak pernah sepi pembeli.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-07_Ayam-Jawa-Goreng-Mbah-Cemplung

7. Ayam Goreng Jawa Mbah Cemplung
Ayam Jawa Goreng Mbah Cemplung, bisa  menjadi pilihan untuk makan siang ketika ingin berburu kuliner di Jogja. Namanya saja ayam jawa pasti harganya juga lebih mahal di bandingkan ayam potong goreng yang banyak di jual di warung-warung lainya. Dengan harga Rp.33.000 untuk satu buah paha tanpa nasi, bagi pemburu kuliner masih tergolong wajar karena kuliner itu terkadang di nilai bukan hanya murahnya tapi kenikmatan dan kelezatanya bisa mengalahkan segalanya.  Sejak dekade 1970 – an warung yang berada desa Sendang Semanggi Kasihan Bantul Yogyakarta dahulu hanya warung biasa yang melayani tetangga dan warga sekitar namun kini justru semakin banyak pengunjung dari luar daerah dan menjadi salah satu tujuan kuliner di Jogja bagian selatan yang sangat dekat dengan Kasongan.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-08_Bakmi-Mbah-Gito

8. Bakmi Jawa Mbah Gito
Bakmi Jawa Mbah Gito, paling cocok di santap saat sore menjelang. Dengan suasana interior warung yang  artistik penuh dengan berbagai macam pernak-pernik bahan kayu dan penerangan yang temaram, ini membuat para pengunjungnya betah berlama-lama menikmati suasana yang ada sampai-sampai kelupaan terlalu asik ngobrol hingga larut malam. Berada di Jl. Nyi Ageng Nis No. 09 Rejowinangun Kota Gede Yogyakarta, lokasinya cukup  mudah di jangkau. Karena hanya berjarak kurang lebih 2 Km ke arah timur dari Terminal lama Jogja. Dengan harga Rp.22.000 untuk satu porsi Bakmi Godok yang ber isi Bakmi ,sedikit irisan daging ayam dan bertambah telor, warung ini buka mulai dari jam 11.00 wib.   Jika ingin mencoba mencicipi bakmi ini, usahakan sebelum magrib tiba di lokasi, karena saat jam makan malam tiba warung ini di penuhi para pengunjung dari rombongan travel agen dan Pariwisata yang pasti bakal di butuhkan kesabaran untuk menunngu antrean.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-09_Sate-Klatak-Pak-Bari

9. Sate Klatak Pak Bari
Sate Klatak Pak Bari, bisa di jadikan santap malam yang romantis.  Jika kebanyakan sate di tusuk dengan bambu, khusus untuk jenis sate klatak ini bahan penusuknya saat di bakar adalah jeruji roda sepeda. Terletak di dalam Pasar Jejeran Wonokromo, Jl Imogiri Timur Pletet Bantul Yogyakarta, warung yang sempat populer karena masuk dalam film AADC 2 ini buka tepat mulai dari jam 19.00 wib hingga tengah malam. Dengan harga Rp. 20.000 untuk satu porsi sate klatak yang berisi 2 tusuk sate kambing, mungkin kurang sempurna jika tidak di tambahi dengan menu berkuah lain seperti Tongseng dan Tengkleng Kambing yang tak kalah jauh lezatnya. Karena lokasinya berada di tengah pasar,maka suasananya juga sangat berbeda, sejauh mata memandang yang ada hanya tumpukan barang-barang para pedagang yang di tinggal di kios-kios mereka. Namun suasana di tempat ini sangat nyaman, karena tidak ada sekat sama sekali yang membuat udara dan suasanya lebih rileks. Mau lesehan atau pun sekadar duduk di area setiap meja yang di sediakan juga bisa, karena tempatnya sangat luas sekali dan tak terbatas.

———————–

Samasta-Magazine-Klangenan-10_Gudeg-Pawon

10. Gudeg Pawon
Gudeg Pawon, menjadi penutup santap malam dengan sensasi yang berbeda. Betapa tidak warung yang berada di Jl. Janturan UH/IV No. 36 Warungboto Umbulharjo Kota Yogyakarta yang mulai buka pukul 21.30 wib ini, satu jam sebelumnya antrean pengunjungnya sudah mengular hingga di pinggir jalan. Jadi lebih baik dating lebih awal karena kita bisa memilih lauk yang ingin kita santap dan yang pasti agar  tidak keburu kehabisan. Keunikan dari Gudeg pawon yang berdiri sejak tahun 1958 ini  adalah di sajikan langsung dari pawon (Dapur ) sehingga pengunjung bisa melihat secara langsung proses memasaknya. Lauk di gudeg ini sama seperti kebanyakan gudeg lainnya berupa telor dan ayam kampung tapi yang membedakan adalah rasa gurih nya.  Jadi bagi kalian yang perutnya kelaparan di tengah malam, Gudeg pawon ini bisa di jadikan pilihan untuk santap malam anda.

Puas rasanya memanjakan perut saat berkunjung di Yogyakarta. Karena banyak pilihan untuk bisa di jadikan rujukan, jadi jangan ragu lagi untuk mengajak teman, sahabat ,saudara atau orang-orang yang anda sayangi bisa mencoba atau berburu kuliner di Jogja yang sungguh Instimewa.

Teks&Foto: Budi Prast


Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

2 Comments

  1. Wow, terima kasih. Artikelnya sangat membantu

    1. Terima kasih atas aprsiasinya. Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *